Pilih Mana? WiFi Portable Smartphone atau Modem Eksternal - MySul Blog Pilih Mana? WiFi Portable Smartphone atau Modem Eksternal | MySul Blog

Selasa, 10 Mei 2016

Pilih Mana? WiFi Portable Smartphone atau Modem Eksternal

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ


Kembali lagi bersama kami, tentunya akan share konten yang menarik dan menggelitik bagi visitor seperti kamu ini. Pastinya tak asing bukan dunia internet bagi kamu? ya, internet dunia yang bisa dikatakan gaib bagi manusia  karena kegaiban itu tidaklah mudah untuk dilihat dan dirasakan dengan lahiriah kita. Internet?, apakah kamu juga tau kalau internet itu butuh yang namanya sambungan dasar untuk terhubung dan bisa berselancar disitus internet yang dikunjungi visitor seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Atau seperti Website Blog AN-NAHL GROUP ini. Sambungan bisa di ubah dan berwujud benda elektronik seperti melalui Modem, Tethering Handphone, atau bisa juga WiFi.

Nah, sekarang apa kamu bingung mau pilih sambungan untuk berselancar di internet dengan apa?. Disini kami akan beri gambaran tentang mau pilih mana, antara Modem dengan Wifi Portable Android kamu. Tentunya mereka ini mempunyai Kelebihan dan Kekurangan masing masing.

Sekarang kita mulai dengan :
  • SAMBUNGAN INTERNET MELALUI MODEM EKSTERNAL
EKSTERNAL MODEM
Modem Eksternal adalah modem yang terpasang di luar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil. Contoh : Huawei, Flash dll.
Kelebihannya :
  • Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
  • Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi.
  • Modem eksternal dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem tersebut.
Kelemahannya :
  • Harganya mahal kalo dibeli tak seperti portable handphone yang sudah terpasang.
  • Membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

  • SAMBUNGAN INTERNET MELALUI WIFI PORTABLE SMARTPHONE
WIFI PORTABLE
Fitur tethering hotspot pada handphone sudah banyak diterapkan pada handphone/gadget zaman sekarang. Tujuannya adalah untuk kemudahan penggunaan sehingga bisa menggantikan posisi Modem. Ada juga hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan tethering hotspot portable menggunakan handphone (smartphone) kamu.
Kelebihannya : 
  • Lebih simpel, tanpa menunggu lama, misal kamu menggunakan modem yang harus melakukan loading aplikasi modem dulu.
  • Efisiensi penggunaan kartu perdana, karena koneksi data pada PC dan handphone bisa menggunakan satu kartu perdana dengan 1 jenis paket internet. Jika kamu menggunakan modem maka mau tidak mau kamu harus membeli kartu perdana dan paket internet untuk modem kamu.
  • Port USB pada PC/laptop terhindar dari kontak panas yang biasanya disebabkan oleh modem yang panas ketika sedang mencari jaringan atau sedang mentransfer jaringan data.
  • Gadget/smartphone jaman sekarang mempunyai bandwidth kecepatan transfer data yang tinggi untuk kelas 3G dan HSPA. Berbeda dengan modem yang mempunyai bandwidth yang terbatas, jika kamu menginginkan bandwidth yang lebih tinggi maka kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih selain merk modem juga berpengaruh.
Kelemahannya :
  • Berdampak kurang baik bagi hardware handphone terutama imbas dari panas yang disebabkan oleh perangkat handphone yang bekerja ekstra keras untuk mentransfer data ke Laptop.
  • Kurang baik jika digunakan untuk hotspot berlama-lama, hal ini disebabkan oleh panas yang berlebih pada handphone.
  • Jika dibandingkan dengan Modem maka koneksi jalur data internet ini kurang stabil, saya mencobanya untuk memainkan game 8 Ball Pool Miniclip yang dimana hasilnya kurang bagus karena game akan sering disconnect atau data terputus. Jadi kurang tepat jika kamu membutuhkan koneksi jaringan yang stabil.
  • Baterai smartphone akan cepat habis karena bekerja ekstra keras.
Nah, mau pilih mana? kamu bisa pertimbangkan lagi untuk itu. Silakan bila kamu keberatan kirim opini di kolom komentar yah.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Tetp saya lebih suka hotspot portable, sebab praktis broww..

    BalasHapus
  2. Admin saya mau berlangganan artikelnya, tapi ko gk ada kolom SUBSCRIBENYA??? TrimaKasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. EL SMART: Konten terletak di bagian "Premium Order > Artikel (Gratis)" bisa Anda klik dan akan diarahkan di halaman konten yang Anda tuju. :)

      Hapus

Kontak

HUBUNGI KAMI

Kami bisa membantu Anda dalam memecahkan kesulitan pada perihal mengenai layanan website, dan menemukan kesalahan error, kami sediakan kontak untuk Anda agar bisa menghubungi kami guna kenyamanan fasilitas website ini.

ALAMAT:

52253 Brebes, Jl. Bawang RT02/RW01, Jawa Tengah

JAM KERJA:

Jum'at - Minggu (09.00 s/d 23.00)

MOBILE:

(+62895) 2023 6201